Jumat, 27 Agustus 2021

Cara Buka Blokir Kartu Telkomsel Simpati AS LOOP 2021


Apakah kartu Telkomsel teman-teman tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon atau melakukan kirim pesan singkat (SMS). Tiba-tiba sinyal hilang, Simcard Error dan sebagainya. Tenang saja, kali ini saya akan bagikan tipsnya bagaimana solusi untuk buka blokirnya.


Yang saya jelaskan ini terblokir dalam artia luas ya, sesuai yang dipahami pengguna kartu Telkomsel dengan tujuan lebih mudah dipahami. Ok, langsung saja.


1. Terblokir Registrasi


Pada kondisi ini, terjadi pada perdana baru yang gagal kirim ke 4444 atau nomor lama yang tanpa sengaja salah kirim unreg. Saat ini handphone sudah 2 simcard, ketika mau unreg simcard di slot sim 1, ternyata salah kirim menggunakan slot sim2.


Solusinya, jika tidak bisa kirim ke 4444 silahkan teman-teman mendatangi Grapari terdekat dengan membawa KTP asli, KK asli, materai Rp. 10.000 dan bungkus perdananya. Nanti akan dibantu registrasi melalui sistem Telkomsel secara langsung. 


Jika gagalnya karena format salah, maka pastikan formatnya REG NIK#KK# kirim ke 4444. Jika terkena unreg juga silahkan diregistrasikan kembali dengan format registrasi.


2. Terblokir PUK


Terblokir PUK ini diakibatkan kita salah memasukkan PIN kartu. Salah memasukkan 3 kali, maka nomor kita akan langsung terblokir. Kode PUK ini bisa kita dapatkan di aplikasi MyTelkomsel. Namun jika kita tidak bisa buka MyTelkomsel, kode PUK bisa didapatkan dengan menghubungi customer service di 188 atau datang ke Grapari terdekat. Ingat ya, jangan salah memasukkan kode PUK hingga 10 kali, karena nomor kita akan terblokir total dan harus diganti kartu dengan nomor yang sama.


3. Terblokir SIM/USIM


Kartu yang lama, yang masih 3G jenisnya merupakan kartu SIM, sedangkan kartu baru yang sudah bisa 4G jenisnya USIM. Nah, kartu yang masih SIM ini sudah mulai diblokir. Ciri-cirinya adalah nomor kita tidak bisa digunakan, tidak bisa untuk kirim atau terima sms, tidak bisa untuk menelepon maupun menerima telepon, tetapi di isi pulsa masih bisa masuk.


Untuk buka blokirnya temen-temen harus ke Grapari untuk dilakukan ganti kartu dengan nomor yang sama. Kartu yang masih SIM diganti dengan kartu USIM. Teman-teman cukup membawa KTP asli, jika terhubung dengan layanan perbankan maka ditambahkan identitas lain yang masih berlaku, seperti SIM, NPWP, kartu BPJS dan identitas lain yang masih berlaku. 


Biaya berbeda-beda, biasanya hanya diminta membeli paket internet atau paket telepon. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa nomor kita tidak ada kendala lagi setelah dilakukan proses ganti kartu dengan nomor yang sama. Kendala tersebut seperti tidak bisa diisi pulsa, tidak bisa terima telepon, tidak bisa terima sms, tidak bisa menelepon, tidak bisa menerima sms, tidak bisa membeli paket. 


Namun kendala tersebut jarang terjadi, tetapi tidak ada salahnya untuk diisi paket internet atau paket telepon daripada kita bolak-balik ke grapari, atau disaat dibutuhkan terjadi kendala. Menyebalkan sekali.Harga paketnya juga bisa disesuaikan dengan promo atau kebutuhan kita.


4. Terblokir Karena Kartu Rusak


Cirinya hampir sama dengan terblokir karena kartu kita lama (kartu 3G/SIM), namun sudah pernah diganti kartu 4G (USIM). Ini cara buka blokirnya juga sama seperti poin 3 diatas.


5. Terblokir karena Lupa Isi Ulang Pulsa


Cirinya adalah tidak bisa kirim sms, tidak bisa menelepon dan tidak bisa diisi pulsa. Tetapi terima telepon  dan terima sms masih bisa. Beberapa malah sudah tidak bisa terima telepon maupun terima sms. Jika nomor teman-teman belum 40 hari dari terakhir masa tenggang. Masih bisa diaktifkan kembali, baik itu menjadi kartu Telkomsel Prabayar atau Telkomsel Pascabayar (Halo).


Syarat diaktifkan menjadi Telkomsel prabayar diantaranya; kartu fisik masih ada, 16 angka dibelakang kartu masih ada, registrasi sesuai dengan ktp. Jika terpenuhi syarat tersebut, masih bisa diaktifkan kembali. Biayanya adalah diisi paket Internet agar bertambah masa aktifnya. Waktu prosesnya kalau tidak salah 2 x 24jam. 


Jika kartunya hilang, namun registrasinya sesuai, bisa diaktifkan menjadi kartu pascabayar ( Telkomsel Halo). Namun proses validasi masih ada. Jika lolos validasi, maka kartu Telkomsel temen-temen bisa diaktifkan kembali.


Kode akses untuk reaktivasi mandiri langsung dari HP caranya disini



Untuk lebih jelasnya silahkan menghubungi customer service Telkomsel ya, baik itu lewat, Facebook, Instagram, Twitter maupun call center 188.