Sabtu, 02 Oktober 2021

Apa Saja Syarat Ganti Kartu Hilang Rusak dengan nomor yang sama Telkomsel

Kaliini yang akan saya ulas adalah syarat untuk ganti kartu hilang, rusak, dan ganti kartu 3G ke 4G di grapari Telkomsel. Karena masih ada yang belum mengetahui syarat-syaratnya apa saja, sehingga harus bolak-balik ke Grapari.


Syarat utama adalah KTP asli harus ada, dan registrasi sudah sesuai. Registrasi ini adalah saat kita kirim ke 4444 dengan keyword REG NIK#NOKK#. Jika sesuai prosesnya sangat mudah dan cepat. Jika tidak sesuai, maka ada validasi lanjutan yang bisa memastika itu bener nomor kita atau bukan. Jika valid, bisa dilanjutkan, namun jika tidak valid ya tidak bisa dilanjutkan proses ganti kartunya. 


Jika terhubung dengan layanan perbankan, maka ditambah dengan SIM/NPWP atau identitas tambahan yang valid dan sah menurut hukum serta bisa dibuktikan ke asliannya. Siapkan pula setidaknya 5 nomor yang pernah di telepon atau di sms. Ini teleponnya bukan telepon yang melalui WA, Line, Telegram dan sejenisnya. Jadi yang digunakan untuk validasi ada telepon yang menggunakan pulsa regulernya.


Jika tidak bisa datang sendiri, apakah bisa diwakilkan? Bisa. Syaratnya adalah surat kuasa dari pihak I ke pihak II untuk pengurusan ganti kartunya. Pihak I dan Pihak II harus dalam 1 (satu) Kartu Keluarga (KK), KTP asli pihak I dan pihak II harus ada, serta KK aslinya juga harus ada. Namun jika ada layanan perbankan masih ada kemungkinan tidak bisa diwakilkan. Silahkan menghubungi call centernya Telkomsel 188 atau menghubungi medsos resmi Telkomsel (bisa dicek dibawah).


Jika KTP hilang bagaimana? Silahkan  diproses ganti KTP dulu, karena KTP itu syarat utama untuk mengurus apapun dimanapun di Indonesia ini.


Jika masih dibawah umur atau belum punya KTP? Orang tuanya yang melakukan proses ganti kartunya dengan membawa KTP asli orang tua  dan KK asli.


Jika semua persyaratan terpenuhi, proses ganti kartunya sangat cepat. Jika tidak lengkap atau tidak valid maka tidak bisa dilakukan proses ganti kartu. Ini sebagai wujud perlindungan Telkomsel untuk pelanggannya agar tidak terjadi penyalahguanaan. Bukan untuk mempersulit ya.


Apakah ganti kartu bisa dilakukan secara online? Bisa. Dengan syarat tidak terhubung layanan perbankan. Syaratnnya foto KTP, foto selfie dengan KTP dan kirim ke email CS Telkomsel, namun sebelumnya harus menghubungi call center atau medsos resmi Telkomsel.


Akun medsos Telkomsel 

Twitter : @Telkomsel

Line : @Telkomsel

Mesengger : Telkomsel

Telegram : Telkomsel_official_bot

web : Telkomsel.com

Instagram : @telkomsel